5 Gua Eksotis di Indonesia

Sabtu, 04 Agustus 2018 - 14:30 WIB
5 Gua Eksotis di Indonesia
5 Gua Eksotis di Indonesia
A A A
KEINDAHAN alam yang ditawarkan Indonesia tak hanya pantai dan gunung, melainkan masih banyak tempat wisata alami yang bisa disambangi.

Kalau terbiasa menikmati pemandangan di atas permukaan tanah, mungkin sudah mainstream. Bagaimana dengan menyusuri dunia bawah tanah seperti gua-gua yang ada di Indonesia? Tidak kalah dengan luar negeri, beberapa wisata gua ini dinobatkan sebagai gua terindah di Asia Tenggara, bahkan salah satu yang terunik di dunia.

Penasaran gua apa saja? Berikut rangkuman GEN SINDO dari berbagai sumber, 5 wisata susur gua paling eksotis di Indonesia yang wajib dikunjungi.

1.Gua Pindul
Gua yang terletak di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta ini, selalu menawarkan sensasi berbeda ketika menjelajahi dalamnya. Meski tergolong masih baru, gua yang baru diresmikan pemerintah daerah ini tidak pernah sepi kunjungan wisatawan.

Uniknya, kita diajak menggunakan ban pelampung atau biasa disebut cave tubing untuk menyusuri sungai yang terdapat di dalam gua. Hanya dengan duduk di atas ban, aliran sungai akan membawa kita menikmati gua sepanjang 350 meter. Keindahan dinding gua, air sungai yang jernih, bahkan langit-langit gua pun bisa kita gapai. Seru, bukan?

2.Gua Jatijajar
Sebagaimana namanya, gua yang terbentuk dari batuan kapur ini terletak di Desa Jatijajar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Ditemukan pada tahun 1802, Gua Jatijajar ini telah direnovasi beberapa kali, tidak seperti gua alami kebanyakan. Selama di dalam, kita tak perlu pusing takut kotor karena sudah disediakan jalur untuk melihat keindahan ornamen stalaktit, stalagmit, dan tiang kapur.

Selain itu, bisa kita temui juga 8 buah diaroma dan 32 patung yang terpajang di dalam gua. Konon 32 patung ini dikatakan menceritakan seseorang bernama Raden Kamandaka, atau hari ini lebih dikenal dengan sebutan Lutung Kasarung.

3.Gua Gong
Pantas saja apabila dijuluki dengan sebutan Kota 1001 Gua, Kota Pacitan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak lokasi wisata susur gua. Salah satu yang menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan adalah Gua Gong.

Asal-usul kenapa dinamakan Gua Gong, jadi kalau kita memukul stalaktit dan stalgamitnya, maka akan menggemakan bunyi seperti gong. Nah, selain panoramanya yang cantik, gua ini juga bersuara dengan indah. Tak heran, gua ini disebut sebagai salah satu gua terindah di Asia Tenggara.

4.Gua Es Carstensz
Kebanyakan dari kita pasti mengira bahwa gua es hanya ada di luar negeri. Padahal, itu salah besar. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga punya gua es yang terletak di Papua. Jangan bingung kalau berwisata ke gua ini, banyak melihat gumpalan es abadi dan salju.

Hal ini disebabkan keberadaan gua ini di daerah ketinggian ekstrem. Makanya diperlukan persiapan fisik, mental, dan stamina yang kuat sebelum memutuskan berwisata ke gua ini.

5.Gua Maharani
Selain Gua Gong, Jawa Timur juga memiliki Gua Maharani yang tidak kalah populer dengan yang lain. Gua yang terletak di Lamongan ini sudah diakui keunikannya oleh dunia.

Bagaimana tidak? Di dalam gua ini, kita akan menemukan stalaktit dan stalagmit yang masih terus tumbuh dan memancarkan cahaya warnawarni saat terkena sinar matahari. Oleh sebab itu, para wisatawan kerap menyamakan gua ini dengan Gua Mamonth di Amerika Serikat, Gua Carlsbad di Prancis, dan Gua Altamira di Spanyol.

Muhammad Awaldi Rahman
GEN SINDO-Universitas Padjadjaran
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4343 seconds (0.1#10.140)